Lompat ke isi utama

Berita

Apel Akbar Siaga Pengawasan Pemilu 2024, Bawaslu Jatim Ingatkan Integritas dan Pengawasan Melekat

#ayoawasibersama

Humas Bawaslu Jember - Menyamput persiapan Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Timur melaksanakan Apel Akbar Siaga Pengawasan Pemilu 2024.

Pelaksanaan Apel Akbar Siaga Pengawasan Pemilu 2024 ini dilakukan di Lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya.

Apel Akbar Siaga Pengawasan Pemilu 2024 ini dihadiri oleh seluruh Bawaslu Kabupatan/Kota dan Panwascam se-Jawa Timur.

Sementara itu, untuk Bawaslu Jember diikuti oleh sebanyak 93 Panwascam se-Jember berserta Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Jember.

Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Timur A. Warits mengatakan, seluruh jajaran pengawas se-Jawa Timur selalu profesional dalam melakukan pengawasan dan menuangkannya ke dalam Form A.

"Setiap pengawas mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten/Kota hingga Provinsi tanpa terkecuali wajib melakukan langkah pencegahan dan menekan potensi pelanggaran, mengoptimalkan pengawasan dan merekamnya ke dalam Form A Pengawasan," ujarnya.

Ia menjelaskan, mendekati persiapan Pemilihan Umum 2024 banyak hal yang perlu dilakukan pengawasan, mulai dari kegiatan masyarakat hingga pengawasan saat proses kampanye.

"Jadi harus ada proses pengawasan melekat yang dilakukan, karena bisa jadi terjadi kampanye terselebung dan kerawanan lainnya," imbuhnya.

Penyelenggaraan Apel Akbar Siaga Pengawasan Pemilu 2024 ini, bertepatan dengan Hari Pahlawan menurutnya memperingati Hari Pahlawan dan menjaga semangat keteladanan, kepahlawanan, dan semangat untuk menjaga demokrasi dalam menjalankan tugas pengawasan Pemilu2024.

Adapun mitra yang terundang dalam acara ini, antara lain jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), KPU Provinsi Jatim, Partai Politik, organisasi masyarakat, dan media adalah untuk mengingatkan bahwa semua pihak bertanggung jawab atas terselenggaranya pelaksanaan Pemilu 2024 yang lancar, aman, tertib, jujur dan adil.***