Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Jember Laksanakan Tes Calon Panwascam Berbasis Online Socrativ

Jember – Bawaslu Kabupaten Jember laksanakan Tes Tertulis seleksi penerimaan anggota penitia pengawas pemilihan kecamatan (panwascam) berbasis online (Socrativ) hari ini di lab Komputer Fakultas pertanian Universitas Jember 13/12/2019.

Ketua Bawaslu kabupaten Jember, Imam Thobrony mengatakan, proses seleksi calon panwascam tahun ini dilakukan berbeda dari tahun sebelumnya. Pada tahun ini proses penerimaan menggunakan basis online (Socraty). Dengan sistem baru ini untuk menjaga integritas dan obyektivitas badan pengawas pemilu dalam melakukan seleksi.

Divisi OSDM, Andika A. Firmansyah menambahkan, Tes tertulis online ini terpusat langsung ke Bawaslu RI, dimana setelah peserta menyelesaikan soal ujian tertulis, langsung di ketahui hasilnya, nilai langsung diketahui Bawaslu RI, nantinya nilai disampaikan secara bertahap, dari Bawaslu RI ke Bawaslu Provinsi dan selanjutnya ke Bawaslu Kabupaten Jember.

Selanjutnya, Devi Aulia Rahim, Divisi Hkum Data dan Informasi, dalam laporannya menyampaikan,Tes ini diikuti seluruh peserta yang lolos seleksi administrasi sejumlah 432 peserta dengan dibagi menjadi 5 sesi. Sesi pertama dimulai pukul 08.00 pagi dan diakhiri sesi ke-5 pukul 18.00.

Pada tahapan tes tertulis online calon panitia pengawas pemilihan mulai sesi pertama sampai sesi terakhir ada 38 peserta yang tidak hadir tanpa ada keterangan dan terlambat lebih 30 menit. Sedangkan toleransi keterlambatan 30 menit. Ini dikarenakan setelah 30 menit server dari Bawaslu RI akan ditutup secara otomatis sehingga peserta tidak bisa mengikuti tes tertulis online, imbuhnya.

Devi, menambahkan, Peserta Tes tertulis dan wawancara tersebar dari 31 Kecamatan, paling banyak dari kecamatan Bangsalsari berjumlah 28 peserta, dan paling sedikit 6 peserta dari kecamatan Jombang, Sukowono, Sumberjambe, dan 8 peserta dari Gumukmas.

Untuk peserta yg tidak mengikuti tes tertulis online, maka tidak bisa mengikuti tes wawancara pada hari ini. Tes wawancara berlangsung hari ini tanggal 14 sampai 23 Desember 2019. Hasil tes tertulis online dan wawancara akan diumumkan 3hari setelah tahapan tes selesai. Dan Panwascam akan di lantik pada akhir bulan Desember mendatang, kata Andika. [*]

   
Tag
PUBLIKASI