Lompat ke isi utama

Berita

Gelar Sosialisasi Partisipatif dengan Awak Media, Bawaslu Jember Ajak Awasi Dugaan Pelanggaran di Medsos

#ayoawasibersama

Humas Bawaslu Jember - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jember menggelar acara sosialisasi partisipatif, kepada awak media, OMS, Pemantau Pemilu hingga Konten Kreator di Jember.

Kegiatan tersebut bertujuan mengajak insan pers dan para pegiat digital, untuk ikut mengawal suksesnya pesta demokrasi 5 tahunan tersebut.

Ketua Bawaslu Jember Sanda Aditya mengatakan, dalam pengawasan Pemilu harus dilakukan secara maksimal salah satunya dengan mengajak awak media, konten kreator, OMS dan Pemantau Pemilu.

"Sebab, dengan jumlah personel di Bawaslu Jember sangat tidak memungkinkan bisa mengcover semuanya, maka perlu langkah partisipatif dari temen-temen media," ujarnya, Sabtu 18 November 2023.

Ia menjelaskan, menjelang masa kampanye ini perlu pengawasan dan keikutsertaan para awak media dan konten kreator.

"Karena tidak menutup kemungkinan para peserta politik melakukan kampanye sebelum masa kampanye, salah satu penetrasi yang lebih cepat yakni melalui media sosial," tegasnya.

Maka dengan kondisi tersebut, menurut Sanda peran serta dari para pegiat media ini untuk melakukan pengawasan partisipatif dan ikut melaporkan jika terjadi dugaan pelanggaran.

"Bila ada pelanggaran bisa segera melaporkan kepada kami, atau bisa menginformasikan terkait akun medsos yang sudah melakukan kampanye sebelum masa tahapan," terangnya.

Ia menambahkan, dengan adanya agenda ini diharapkan bisa membuat pengawasan partisipatif menjadi lebih baik lagi dan meminimalisir terjadinya pelanggaran.