Lompat ke isi utama

Berita

INGINKAN PENYELENGGARA BERINTEGRITAS, BAWASLU AWASI REKRUTMEN PPK

Jember- Tahapan penerimaan calon anggota PPK di Kabupaten Jember telah di tahap Tes Tulis, sebelumnya sebanyak 1041 orang mendaftar memperebutkan 155 Kursi PPK untuk 31 Kecamatan. Bawaslu yang turut hadir mengawasi setiap pelaksanaan penerimaan calon anggota PPK memastikan semua tahapan sampai dengan Tes Tulis dilaksanakan sudah sesuai dengan Prosedur.

Ali Rahmad Yanuardi Kordiv Pengawasan menyampaikan bahwa Bawaslu hadir agar anggota PPK yang diterima dan nantinya dilantik benar-benar berintegritas dan tidak melanggar prosedur, " sesuai dengan Surat Edaran dari Bawaslu RI serta UU No 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, salah satu tugas Bawaslu adalah mengawasi rekrutmen PPK di kantor KPU".

Dari 1041 calon anggota yang mendaftar sebanyak 955 orang dinyatakan Lolos Seleksi Administrasi, dan diwajibkan mengikuti tes tertulis sesuai dengan jadwal, 955 peserta dibagi kedalam dua gelombang, Yayan (Ali Rahmad Yanuardi) menambahkan " kami hadir untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, karena PPK adalah bagian dari penyelenggara pemilu, kami ingin agar anggota PPK yang nanti dilantik benar-benar berintegritas"

Untuk memastikan pembentukan anggota PPK 2020 ini berjalan bersih, Bawaslu juga meminta dan menerima laporan dari seluruh masyarakat Kabupaten Jember. Untuk itu, bagi masyarakat yang kenal dengan salah satu nama dari daftar calon anggota PPK tersebut, maka diminta untuk segera disampaikan, apakah masih terlibat parpol, atau sudah pernah 2 kali menjabat PPK. Berdasarkan laporan masyarakat itu nantinya akan menjadi dasar Bawaslu untuk menindaklanjutinya, serta merekomendasikan ke KPU kabupaten untuk segera mengugurkan calon bersangkutan. Jika tidak maka akan terjadi pelanggaran administrasi.

“KPU nanti juga punya masa tenggang untuk menerima tanggapan masyarakat, maka kita juga mengimbau kepada masyarakat untuk berikan masukan ke KPU atau Bawaslu sehingga bisa diketahui jika ada peserta PPK yang melanggar,” imbau Yayan.

   
Tag
PENGAWASAN