Lompat ke isi utama

Berita

Masuki Sidang PHPU, Bawaslu Jember Sudah Siapkan Data-Data

humas bawaslu jember

Humas Bawaslu Jember - Adanya laporan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jember melakukan persiapan untuk menghadapinya.

Bawaslu Jember menjadi salah satu pemberi keterangan dalam PHPU, yang diajukan oleh peserta pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK).

Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Ummul Mu'minat mengatakan, ada beberapa laporan yang masuk terkait PHPU di Jember, sehingga Bawaslu Jember bersiap terkait hal tersebut.

"Dalam persiapan ini, pihaknya menyiapkan dokumen yang dibutuhkan mulai dari dokumen hasil pengawasan dan penanganan pelanggaran oleh Bawaslu Jember," ujarnya, 18 April 2024.

Penyiapan dokumen ini, nantinya akan disampaikan saat pembuktian di MK karena Bawaslu Jember menjadi pemberi keterangan di sidang tersebut.

"Kita akan lakukan drafting dulu dokumen yang sudah terkumpul dan menyampaikannya," jelasnya.

Ummul menegaskan, PHPU di Jember berada dibeberapa wilayah di Kecamatan Jember sehingga nantinya untuk penyiapan datanya akan dilakukan koordinasi.

"Kami koordinasikan sebelumnya dengan kecamatan yang menjadi fokus pengawasan, yang dimohonkan oleh peserta Pemilu," tutupnya.