Lompat ke isi utama

Berita

Politik Uang menjadi Tantangan Kontemporer pada Pilkada 2020

Isu Politik Uang Pilkada 2020 menjadi bahasan yang sangat menarik dalam Webkusi Sesi-10 dengan narasumber Kepala Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Daring Jatim, Nur Ellya Anggraini.

Ely menegaskan bahwa perlu adanya dekonstruksi politik uang dan membangun ulang pikiran bersama tentang politik uang. Dengan menggunakan kerangka dekonstruksi dari Derrida, Ely Berharap bangunan pikiran tentang uang harus dihancurkan di masyarakat untuk kemudian dibangun pemikiran yang anti terhadap politik uang.

Selain isu politik uang, ada 3 tantangan kontemporen lainnya yang disampaikan Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur. Yakni masalah daftar pemilih, politik identitas dan kampanye hitam.

“Tahun 2019 lalu Bawaslu sampai memberikan rekomendasi dua kali untuk menjaga hak pilih dengan waktu sampai 60 hari”. Imbuh Elly

Nur Ellya menambahkan, peserta yang lulus Webkusi ini akan mengikuti ujian akhir online. Jika ujian akhir online lulus, maka sah menjadi Kader Pengawasan Partisipatif. Selanjutnya bisa ikut bersama-sama ikut berpartisipasi untuk melakukan pengawasan Pilkada 2020. Kata Ellya. (Humas Bawaslu Jember)

   
Tag
PENGAWASAN