Lompat ke isi utama

Berita

Sesuai Tahapan: Semua Bapaslon Lolos Tes Kesehatan, Bawaslu Awasi Pelaksanaan Tes Kesehatan Bapaslon

Jember - Bawaslu Kabupaten Jember melakukan pengawasan pasca penerimaan pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati kabupaten Jember Tahun 2020.

Pengawasan ini dilakukan sesuai tahapan dalam PKPU 5 Tahun 2020, pasca penerimaan pendaftaran bakal pasangan calon, selanjutnya dilaksanakan pemeriksaan kesehatan di Rumah sakit yang ditunjuk oleh KPU, khusus Kabupaten Jember dilaksanakan di Rumah Sakit (RS) dr. Saiful Anwar Malang.

Bawaslu Kabupaten Jember yang diwakili Koordinator Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Ali Rahmad Yanuardi mengatakan, pengawasan dilaksanakan untuk memastikan bahwa KPU melaksanakan tahapan dan Bapaslon melaksanakan test kesehatan dengan sebenar-benarnya.

"Kami hadir di malang bersama dengan KPU Jember untuk memastikan bahwa tahapan pemeriksaan kesehatan ini benar-benar dilaksanakan."

Yayan menyampaikan bahwa tahapan pemeriksaan kesehatan dimulai dari tanggal 7-10 September 2020.

Sebelumnya, KPU Jember telah menerima pendaftaran dari 3 Bapaslon, H. Hendy - Gus Firjaun yang di usung lima partai politik yakni PKS, PPP, Partai Demokrat, Partai Gerindra, dan Partai Nasdem yang mendaftar tanggal 4 September 2020, disusul pasangan Abdus Salam - Ifan Ariadna pada tanggal 5 September 2020 yang diusung PDI Perjuangan, PKB, PAN, Partai Perindo, Partai Golkar, dan Partai Berkarya, serta Petahana mendaftar pada 6 September 2020 dr. Faida yang di dampingi Fian maju di jalur perseorangan.

Yayan menambahkan, KPU sudah melakukan verifikasi keabsahan syarat calon, dan memberikan fasilitasi tes kesehatan untuk ketiga bapaslon. Hasil dari verifikasi dituangankan kedalam BA yang disampaikan pada saat rapat pleno terbuka yang digelar di aula KPU Kabupaten Jember.

“Semua bapaslon memenuhi syarat sebagai paslon.”

Yang nantinya akan di tetapkan pada tanggal 23 september 2020, dan tanggal 24 akan dilakukan pengundian nomor urut paslon, imbuh Yayan.  (Humas Bawaslu Jember)

   
Tag
PENGAWASAN