Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU JATIM LUNCURKAN RUMAH DATA, PANWASCAM SUKORAMBI SIAP SUKSESKAN PENGAWASAN PEMILIHAN 2024

#ayoawasibersama

Pada hari Rabu, 14 Agustus 2024 Panwascam Sukorambi (A. Zubairi, Siti Kholifah, Khoirul Anam) dan 3 Staf Pelaksana Sukro (Staf divisi PP), (Imam Arifin (Staf Divisi PPM), Ita Fitria Ningsih (Staf divisi Humas dan Datin) menghadiri launcing rumah data yang di laksanakan di Grand Empire Palace Hotel Surabaya yang di adakan oleh Bawaslu Provinsi. Acara tersebut berlangsung selama 3 hari yang di mulai dari tanggal 13-15 Agustus 2024.
Selasa, 13 Agustus 2024 pukul 11.00 kami tiba di Surabaya dihotel Grand Empire Palace Hotel untuk melakuan registrasi, isoma, pengumpulan SPPD, dan absensi peserta. Kemudian acara dilanjutkan pada pukul 13. 00 WIB dengan materi tentang Keterbukaan informasi Publik Pengawas Pemilu oleh Abdul Qudus Salam (Anggota Bawaslu Jatim Periode 2022-2023 dan dilanjutkan dengan materi penanganan pelanggaran dalam pemilihan kepala daerah oleh Muhammad Ikhwanudin (anggota Bawaslu Jatim periode 2018-2023) dan indentifikasi kerawanan Pilkada, acara selesai sampai jam 18.00 acara dilanjutkan keesokan harinya dan kami Kembali ke hotel.
Rabu, 14 Agustus 2024 kami Kembali ke hotel Grand Empire Palace Hotel pada pukul 08.30 untuk mengikuti cara inti yaitu Peluncuran Rumah Data Bawaslu JATIM, pukul 09.00 kami tiba di hotel Grand Empire Palace Hotel dan memasuki ruangan yang disediakan. Acara diawali dengan pembacaan surat yasin dan doa bersama, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bawaslu kemudian diisi dengan sambutan sambutan ketua bawaslu Provinsi Jawa Timur (A. Warits), PJ. Gubernur Jwa Timur (Adhy Karyono) dilanjutakan pembukaan acara oleh ketua bawaslu RI (Rahmad Bagja). Peluncuran Rumah Data di resmikan oleh Bawaslu R, Bawaslu Jatim dan Forkopimda Jatim dan dilajutkan Isoma. Pada pukul 13.00 dilanjutakan dengan materi rumah data dan dibawakan oleh ketua bawaslu Provinsi Jawa Timur (A. Warits), kordiv Humas dan datin dan ibu Dwi Endah Prasetyowati.
Rumah Data ini dirancang untuk menyimpan dan mengelola hasil pengawasan serta penindakan yang dilakukan oleh Bawaslu di seluruh Jawa Timur. "Kami percaya rumah data ini akan aman. Walaupun memang dalam teknologi informasi seluruhnya potensial tidak aman, tetapi yang kami buat sudah kami upayakan semaksimal mungkin untuk seluruh kawan di lingkungan Bawaslu di daerah agar data aman," ungkap A. Warits, Rabu (14/08/2024).
 Bapak Warits menuturkan Rumah Data tersebut akan menjadi pusat penyimpanan informasi hasil pengawasan dan penindakan Bawaslu di seluruh Jawa Timur. Inovasi tersebut untuk memastikan bahwa seluruh data terkait pengawasan pemilu dapat diakses dengan mudah dan transparan, baik oleh internal Bawaslu maupun oleh publik.
Dan materi dilanjutkan oleh ibu Dwi Endah Prasetyowati dalam sambutannya beliau menyampaikan Rumah data digunakan dalam Pemilu 2024 untuk menyimpan Form A. Kemudian dikembangkan untuk menyimpan hasil pengawasan saat hari pemungutan dan penghitungan suara pada 14 Februari 2024 lalu. Dari mendokumentasikan C-Hasil, kejadian khusus, daftar hadir, dan foto KTP EL DPK yang ada di TPS. Saat Pemilu 2024, penggunaan rumah data mampu mengumpulkan ratusan ribu hasil pengawasan. Berangkat dari pengalaman berharga tersebut, Bawaslu Provinsi Jawa Timur meningkatkan dan mengembangkan Rumah Data dalam Pemilihan Serentak 2024. Rumah data kini akan menyimpan Form A, imbauan, saran perbaikan, laporan, temuan, rekomendasi dan sengketa. Adanya rumah data ini juga dapat mempermudah dalam hal menyiapkan data jika ada Perselisihan Hasil Pemilihan nanti. Namun yang perlu diperhatikan yaitu mengenai mengenai Keamanan Data. Kemudian acara dilanjutakan dengan diskusi rumah data yang didampingi atau narasumber subkoor Data dan Informasi Amryzal Pradana dan acara selesai pada pukul 21.00 kami kembai ke hotel. Pada hari Kamis, 15 Agustus 2024 kami panwascam sukorambi dan seluruh panwascam kabupaten jember melakukan perjalan Kembali ke kota Jember untuk melaksakan tugas selanjutnya.