Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Jember Resmi Lantik 93 Orang Panwascam di 31 Kecamatan

#ayoawasibersama

Jember, 24 Mei 2024

Humas Bawaslu Jember - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jember menggelar pelantikan, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan di Jember.

Sebanyak 93 orang Panwascam di 31 Kecamatan dilantik dan segera bekerja untuk mengawasi tahapan Pilkada serentak 2024.

Ketua Bawaslu Jember Sanda Aditya mengatakan, pelantikan ini dilakukan karena proses tahapan saat ini sudah berjalan dan mereka segera bekerja.

"Saat ini tahapan sudah padat, maka kami melakukan pelantikan Panwascam sebanyak 93 orang," ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat 24 Mei 2024.

Selanjutnya, tugas Panwascam menurut Sanda akan sangat padat karena saat ini sudah mulai tahapan pendaftaran calon perseorangan dan di Jember ada pendaftarnya untuk Pilkada 2024.

"Ada pendaftar perseorangan, sehingga ini nantinya akan ada proses verifikasi faktual kepada syarat calon perseorangan tersebut," imbuhnya.

Ia menerangkan, bahwa selain tahapan verifikasi faktual yang harus diawasi secara melekat juga ada tahapan pemutahiran data pemilih.

"Ada data pemilih yang harus diawasi karena data ini menjadi sangat vital dan penting, sembari mengawasi proses verifikasi faktual," tegasnya.

Panwascam yang dilantik ini menurutnya, akan mulai bekerja sejak setelah dilantik dan mereka juga akan melakukan proses wawancara kepada calon PKD.

"Mereka Senin akan langsung melakukan wawancara kepada calon PKD di masing-masing kecamatan," tutupnya.*