Lompat ke isi utama

Berita

ELAMAT DAN SUKSES ATAS LOUNCHING RUMAH DATA BAWASLU PROVINSI JAWA TIMUR

#ayoawasibersama

Pada hari selasa tanggal 13 Agustus 2024 kami Panwaslucam Sukowono mengikuti rangkaian Acara Lounching Rumah Data Bawaslu Provinsi Jawa Timur yang dilaksanakan di Grand Empire Palace Hotel yang terletak di Jl. Baluran No. 57 – 75 , Genteng, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa timur. Bawaslu Propinsi Jawa Timur mengadakan Rapat Kerja teknis Rumah Data dalam Persiapan Pengawasan Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Walikota, Wakil Walikota, Bupati dan Wakil Bupati Provinsi Jawa Timur Dimana dalam acara ini mengundang Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten / Kota Se Provinsi Jawa Timur, Kasek / Korsek, Kasubag, 2 Staf Datin Bawaslu Kabupaten / Kota Se Provinsi Jawa Timur, Panwaslucam Bawaslu Kabupaten / Kota Se Provinsi Jawa Timur serta 3 orang Sekretariat Panwaslucam Bawaslu Kabupaten / Kota Se Provinsi Jawa Timur. Panwaslucam Sukowono diwakili oleh Ketua Abdul Wakik, beserta anggota H. Ahmad Baktiar Yogiarto dan Wildan Wage Mulyono  dan 3 Staf Pelaksana.  

Rakernis disini dimulai pada tanggal 13 – 15 agustus 2024. Dimana acara di awali oleh materi terkait keterbukaan informasi public Pengawas Pemilu yang di sampaikan oleh Bapak Abdul Qudus Salam selaku Anggota Bawaslu Jawa Timur Periode 2018 – 2023 dilanjutkan materi penanganan pelanggaran dalam Pemilihan Kepala Daerah yang disampaikan oleh Bapak Muhammad Ikhwanuddin. 

Pada hari kedua yaitu tanggal 14 agustus 2024, acara dimulai pembacaan Yasin dan Doa Bersama Dimana hal ini langsung dipimpin oleh MUI Provinsi Jawa Timur. Kemudian acara dilanjutkan oleh acara inti yaitu lounching Rumah Data Dimana acara inti langsung dibuka oleh sambutan  Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Timur A. Warits. Laounchin Rumah Data Provinsi Jawa Timur juga langsung dihadiri oleh Bawaslu Republik Indonesia yaitu Bapak Herwyn JH Malonda yang sekaligus membuka acara Lounching Rumah Data Provinsi Jawa Timur. 

Kemudian acara dilanjutkan dengan peluncuran Rumah Data Secara Simbolis oleh Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Timur Bersama Bapak  Herwyn JH Malonda dan Bapak Adhy Karyono. Rumah Data Provinsi Jawa Timur telah Resmi di Luncurkan sehingga nantinya akan menjadi wadah hasil pengawasan dari Tingkat PTPS hingga Bawslu Provinsi Jawa Timur. 

Acara Selanjutnya adalah materi identifikasi Kerawan Pilkada yang disampaikan oleh Bapak eko Sasmito dan materi Rumah Data yang langsung dsampaikan Oleh Kordiv. Humas dan Datin Bawaslu Provinsi Jawa timur Yaitu Ibu Dwi Endah Prasetyowati. Ibu endah menyampaiakan bahwa Rumah Data merupakan wadah dariProduk Hasil Pengawasan yang breupa Form A, Imabaun, Saran Perbaikan, Laporan, Temuan, Rekomendasi dan Sengketa Dimana semua produk tersebut harus di upload kedalam Rumah Data Tersebut. Tujuan Rumah Data sendiri adalah menjadi fungsi kontrol, Dasar Evaluasi di setiap jenjang, ketertiban Administrasi, Digitalisasi Arsip Pengawasan, dan Persiapan PHPU/PHP. Dimana seluruh informasi hasil pengawasan akan ditampilkan di website Utama di semua tingkatan. Materi ditutup dengan tagline 

“BAWASLU MENGAWASI. RUMAH DATA MENCETAK PRASASTI ‘