Lompat ke isi utama

Berita

Jelang Masa Tenang, Bawaslu Jember Ingatkan Integritas dan Patroli Pengawasan

#ayoawasibersama

Humas Bawaslu Jember - Menjelang Masa Tenang Pemilihan Umum 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jember menggelar apel siaga pengawasan.

Apel siaga tersebut dihadiri oleh Forkopimda dari Polres Jember, Kodim 0824 Jember, Pemerintah Kabupaten Jember, Panwascam serta PKD se-Kabupaten Jember.

Dalam Apel Siaga, Ketua Bawaslu Kabupaten Jember Sanda Aditya menekankan terkait peran dan integritas pengawas pemilu dalam menjalankan tugas, sebab proses pengawasan akan berpengaruh pada kualitas penyelenggaraan pesta demokrasi.

"Kami mengajak seluruh Panwascam di Jember harus bisa melakukan sinergitas dengan masyarakat, sebab hal ini penting untuk menjaga kualitas penyelenggaraan demokrasi kita," ujarnya.

Ia menegaskan, sikap netral dari masing-masing organ Bawaslu harus bisa ditegakkan dan dilakukan, sebab sebagai penyelenggara pemilu harus mengacu pada aturan yang ada.

"Jadi dalam melakukan pengawasan, wajib untuk mengedepankan tindakan berdasarkan aturan yang ada," pungkasnya.

Maka dari itu, seluruh personil Panwascam, PKD dan PTPS  diintruksikan dalam proses pembersihan  APK di Kabupaten Jember.

Selain itu, patroli pengawasan digalakkan dalam mencegah terjadinya potensi pelanggaran pemilu seperti politik uang, politisasi sara hingga netralitas.

"Kami tegaskan, selama masa tenang seluruh panwas harus jeli dan mengawasi bila  masih ada  kampanye, politisasi  sara hingga money politik," ujar Sanda Aditya.

Bawaslu Kabupaten Jember selanjutnya akan memastikan dan melakukan  monitoring, terutama pada kecamatan yang memiliki TPS Rawan.

Lalu, Bawaslu Jember juga akan membuka Posko Aduan Masyarakat selama masa tenang, melakukan patroli pengawasan dan pembersihan APK serentak.***