Lompat ke isi utama

Berita

PANWASCAM UMBULSARI HADIRI PELUNCURAN RUMAH DATA

Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Jawa Timur mengundang seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten dan Panwaslu Kecamatan se-Jatim guna menghadiri launching Rumah Data di Grand Empire Palace Hotel Surabaya pada Selasa 13/08/2024
Sejumlah 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur mengirimkan perwakilannya untuk menghadiri acara tersebut. Bawaslu Jember sendiri menghadirkan 186 orang dari 31 Kecamatan pada agenda tersebut.
M.Irfan selaku ketua Panwascam Umbulsari turut menghadiri acara tersebut dengan didampingi 2 komisioner lain dan 3 orang staf.
"Menindaklanjuti undangan yang disampaikan oleh Bawaslu Jember, Panwascam Umbulsari mengutus 6 orang untuk menghadiri acara tersebut. Saya sendiri, Agus Firmanto selaku kordiv HP2H, Siti Nurjannah selaku kordiv P3S, Nur Muhlas selaku staf Data Imformasi, Nur Fauzan Mashudi selaku staf SDM, dan M.Aziz selaku staf HPS" jelasnya.
Selain launching rumah data, Bawaslu dan Panwascam se-Jatim diberikan bekal materi guna mengarungi proses Pilkada serentak nantinya.
"Ada 4 Materi yang diberikan pada acara tersebut, diantaranya yaitu Keterbukaan Informasi Publik oleh Bapak Abdul Qudus Salam, Penanganan Pelanggaran dalam Pemilihan Kepala Daerah oleh Bapak M. Ikhwanudin, Identifikasi kerawanan Pilkada oleh Bapak Eko Sasmito, dan Materi Rumah Data oleh Ibu Dwi Endah Prasetyowati" Ungkap NurJannah.
Rumah Data tersebut merupakan jalan keluar dari permasalahan rekapitulasi data yang selama ini masih kurang terrekapitulasi dengan baik. Ibu Endah yang merupakan penggagas Rumah Data menyampaikan bahwa sistem tersebut sangat berguna untuk rekapitulasi dan evaluasi.
"Dengan diluncurkannya Rumah Data ini, kami berharap seluruh pengarsipan pelaporan dapat dilakukan dengan baik. Platform ini juga membantu kami untuk mengawasi setiap pelaporan yang dilakukan oleh jajaran Bawaslu Kabupaten maupun Panwaslu Kecamatan".
Rumah Data yang diluncurkan tidak hanya merekap hasil pengawasan yang tertuang dalam form-A, namun juga saran perbaikan, surat imbauan, surat tugas, dan segala bentuk arsip kesekretariatan di jajaran pengawas.
"Kami menugaskan seluruh jajaran pengawas melalui divisi Data Informasi untuk melakukan pengunggahan semua jenis dokumen pengawasan bukan hanya Form-A pada Rumah Data tersebut, tapi juga saran perbaikan, surat imbauan, surat tugas, dan dokumen lain" ungkap Bu Endah selaku Kordiv Data Bawaslu Jatim.
Nur Muhlas selaku staf data informasi Panwascam Umbulsari mengapresiasi peluncuran Rumah Data tersebut, baginya ini adalah bentuk digitalisasi pendataan yang mutakhir dan kemudahan dalam pengarsipan seluruh big data se Jawa Timur.
"Platform yang luar biasa, dengan adanya Rumah Data ini kami dapat menyimpan, melaporkan, mengevaluasi, menyebarluaskan informasi yang sudah kami kerjakan kepada seluruh pihak" ujarnya.
Tidak hanya Pengawas, semua orang dapat mengakses Rumah Data tersebut untuk melihat kinerja dari pengawas pilkada melalui barcode yang disebarluaskan.
"Masyarakat bisa menilai kinerja kami dan dapat lebih kritis terhadap setiap tahapan-tahapan yang dilaksanakan oleh penyelenggara Pilkada ini" tegas Nur Muhlas.