Lompat ke isi utama

Berita

PANWASLU JOMBANG AWASI DPHP PILGUB DAN PILBUP 2024

#ayoawasibersama

KECAMATAN JOMBANG - Panitia Pengawas Pemilu (PANWASLU) Kecamatan Jombang, awasi agenda Rapat Pleno, terkait Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), di Aula Kecamatan Jombang pada, Rabu (7/8/2024).
Pemutakhiran data pemilih dilakukan untuk Pemilu Serentak Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024. Agenda tersebut dihadiri oleh semua anggota PPS, PPK dan Panwaslu Se-Kecamatan Jombang, juga hadir didalamnya Ihid Yoga P. Selaku Kanit intel dan Nuryadi selaku Camat Jombang.
Sambang selaku ketua PPK Jombang menyampaikan bahwa, "data pemilih tidak valid 100% sampai hari pemilihan dilangsungkan, karena hal itu dipicu oleh adanya data ganda, orang meninggal dan sebagainya"
"Bahkan di hari pelaksanaan pemilihan sekalipun data tidak bisa dinyatakan valid karena ada DPK (Data Pemilih Khusus), terpenting PPK melaporkan ke KPU Kabupaten sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan", ujar pria paruh baya yang akrab dipanggil Pak sambang.
Dalam mengawal data pemilih perlu hati dan teliti, sebab data tersebut akan menjadi referensi apabila dikemudian hari ada laporan ketidak puasan terkait ketidak sesuaian data pemilih dari salah satu tim pemengan calon, maka untuk mengantisipasi hal tersebut perlu sering adanya komunikasi antara sesama penyelenggara.
Pernyataan tersebut senada dengan penyampaian Sunaryo selaku Ketua Panwaslu Kecamatan Jombang bahwa, “semama penyelenggara dari berbagai lapisan harus terjalin komunikasi dan kinerja yang sinergi, sehingga pada nantinya diharapkan adanya kesamaan persepsi sekaligus pemahaman”.
“jika dikemudian hari ada kendala apapun terkait pemilu di kecamatan Jombang, mak sesama penyelenggara bisa mempertanggung jawabkan kepada penuntut dengan penjelasan yang sama”, imbuh pria yang akrab dipanggi pak Naryo.