Lompat ke isi utama

Berita

Panwaslu Sumbersari Melakukan Kegiatan Bimtek “ Penguatan dan peningkatan Kapasitas Pengawasan Kelurahan/Desa (PKD) Pemilukada 2024 “

#ayoawasibersama

Dalam rangka meningkatkan dan menguatkan kapasitas serta kelembagaan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-kecamatan Sumbersari, Panwaslu Sumbersari mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek). Kegiatan ini diadakan guna memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlibat dalam proses pengawasan, dengan harapan dapat lebih efektif dan responsif dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Kegiatan Bimtek yang berlangsung di Latar Semeru di Jl. Semeru No. 52-53, Sumbersari, Kab. Jember Pada Hari Sabtu, 24 Agustus 2024, ini dihadiri oleh Panwaslu Sumbersari Beserta Staff, PKD Kecamatan Sumbersari,  Camat Sumbersari Regar Jeane, S STP, M.Si, Damramil Kapten Inf  Bambang Hari Murdianto Serta Kapolsek Sumbersari yang di wakilkan oleh Andi S, Serta PPK Sumbersari Sholehatus Sakbaniyah dan Hajir. Hadirnya para Muspika tersebut menandakan komitmen lembaga pengawas pemilu terutama Panwaslu Sumbersari dalam memberikan dukungan dan arahan kepada PKD, sebagai ujung tombak pelaksanaan pengawasan di tingkat kelurahan/desa.

Sebelum membuka kegiatan, Ketua Panwaslu Sumbersari, Yuli Winiari, menyampaikan beberapa poin penting terkait peran PKD dalam sistem pengawasan. Yuli Winiari menegaskan bahwa PKD memiliki peran yang sangat strategis dalam mengawasi jalannya proses pemilu di tingkat kelurahan/desa. Oleh karena itu, ditekankan pentingnya meningkatkan kualitas SDM yang terlibat dalam proses pengawasan.

“Pengawas Kelurahan/Desa merupakan ujung tombak Bawaslu dan diharapkan pada saat melakukan pengawasan tentunya mengedepankan pencegahan, Lebih baik mencegah potensi pelanggaran. Oleh karena itu, kesiapan dan kapasitas PKD harus ditingkatkan secara terus-menerus.” kata Yuli Winiari

Dalam kegiatan Bimtek ini, para peserta dari PKD se-kecamatan Sumbersari diberikan materi-materi terkait tugas dan tanggung jawab sebagai pengawas pemilu, pemahaman tentang kode etik pengawas pemilu, teknik pengawasan, dan pelaporan pelanggaran pemilu.

Ketua Panwaslu Sumbersari Yuli Winiari, berharap kegiatan Bimtek ini akan memberikan manfaat yang nyata dalam peningkatan kapasitas PKD di kecamatan Sumbersari. Dengan kapasitas yang lebih baik, diharapkan para pengawas pemilu dapat berperan aktif dalam menciptakan pemilu yang bersih dan berintegritas di tingkat kelurahan/desa.