Lompat ke isi utama

Berita

PERKUAT PENGAWASAN DPS, PANWASCAM DAN PKD SE KEC. SUMBERSARI GELAR RAPAT KOORDINASI

#ayoawasibersama

 

Panwascam Sumbersari menggelar rapat koordinasi teknis pengawasan tahapan pemutakhiran DPS Selasa  20 Agustus 2024 di Seketariat Panwascam Sumbersari “Perum Kaliurang Green Garden Blok B2 nomer 6 Kelurahan Tegal Gede” , Komisioner Panwascam beserta jajaran sekretariat dan seluruh PKD se Kecamatan Sumbersari.
Ketua Panwascam Sumbersari Yuli Winiari menegaskan Panwascam dan PKD terus bisa mengawal DPS yang sudah dipublikasikan KPU baik di PPK dan di sekretariat PPS masing-masing. “Sekiranya ditemukan data pemilih yang belum memiliki ktp elektronik bisa dilaporkan ke PPS untuk melakukan perekaman di kecamatan atau Disdukcapil-,” ujarnya .
“Sebagai pengawas kita harus profesional, terutama, kita harus menguasai aturan pelaksanaan teknis kepemiluan baik di KPU maupun Bawaslu. Setelah itu, kita melakukan pemetaan potensi pelanggaran. Sehingga di setiap tahapan kita mengetahui potensi pelanggaran masing-masing. Kemudian melakukan pencegahan dengan melibatkan stakeholder terkait baik petinggi, babinsa, babinkamtibmas, bpd, dan lainnya harus dirangkul sehingga tercipta tahapan pilkada yang sesuai aturan,” jelas Sofiatun Qori’ah Divisi P3S
Ditegaskan pula bahwa  pengawas juga mendahulukan pencegahan bisa dimaksimalkan. Ini agar pemilu berjalan kondusif sesuai harapan banyak pihak terutama stakeholder terkait. Mencegah titik kerawanan agar tidak sampai terjadi pelanggaran tentu lebih baik. Tetapi kalau ada pelanggaran di depan mata pengawas wajib melakukan penindakan.