Lompat ke isi utama

Berita

Rakor Kesiapan Pengamanan Pilkada Jember dalam Rangka Operasi Pengamanan Pilkada Tahun 2024

#ayoawasibersama

Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Kabupaten Jember hadir di Rakor Eksternal Kesiapan Pengamanan Pilkada Jember dalam Rangka Operasi Pengamanan Pilkada Tahun 2024 di Polres Jember, Senin (15/07/2024).

Acara dibuka pada Pukul 13.15 WIB dihadiri oleh jajaran kepolisian, Bawaslu dan KPU Jember. Acara dibuka langsung oleh Bapak Istono Kabag Ops Polres Jember beliau menjelaskan bahwa kegiatan simulasi akan dilaksanakan pada hari selasa-kamis, bertempat di JSG depan kantor Dinas Pariwisata. 

Istono menambahkan " acara inti akan dilakukan pada tanggal 18 Juli 2024. Kegiatan simulasi dilakukan dalam rangka pengamanan logistik Kotak suara".

Saran dan masukan dari KPU menrangkan akan mengikuti secara teknis terkait acara simulasi yg akan dilakukan oleh Polres Jember. Untuk kebutuhan2 simulasi nanti akan kami siapkan. jelasnya KPU Jember.3 hal pokok yg menjadi objek pengaman yaitu Orang, Barang dan Kegiatan.

Kemudian dilanjutkan saran dan masukan dari Bawaslu Jember menjelaskan "untuk kesiapan pengamanan Pilkada Jember, Bawaslu siap mendukung kegiatan tersebut, untuk kebutuhan2 pendukung Bawaslu siap menyiapkan.Untuk simulasi kami ikut pada skenario Polres:"

Kapolsek Kaliwates menambahkan sudah menyiapkan unit patroli, babinkamtibmas, Babinsan, dan pasukan-pasukan lainnya untuk kegiatan Harkamtibmas. Pada saat simulasi masa tenang, nanti kami akan berkoordinasi dengan Bawaslu dan Satpol PP.

Dan Polsek Sumbersari juga menyampaikan kami menyarankan pada saat kegiatan nanti untuk peran2 yg akan dilaksanakan oleh orang umum harus dari orang umum langsung, tidak dari yg lainnya. Untuk distribusi logistik dari KPU dan Bawaslu harus disiapkan.

Skenario kampanye tatap muka, dimana nanti Cabup dan Cawabup datang ke pasar untuk berkampanye bertemu dengan para pedagang. Terangnya Kabid Intel

Kemudian sambutan selnajutnya Polsek Patrang menyampaikan “ kami melakukan gabungan dengan Koramil untuk kegiatan tersebut dan sudah tidak ada masalah untuk pelaksanaan skenario pemungutan suara”.

Acara Rakor Eksternal Kesiapan Pengamanan Pilkada Jember dalam Rangka Operasi Pengamanan Pilkada Tahun 2024 ditutup pada pukul 15.00 WIB