Lompat ke isi utama

Berita

Rakor Pengelolaan Website Bawaslu, Humas Bawaslu RI Minta Tak Tulis Agenda Ceremonial Saja

#ayoawasibersama

Humas Bawaslu Jember - Demi memberikan informasi kepada publik tentang kinerja Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), pengelolaan website harus dilakukan dengan maksimal dan menarik.

Maka dari itu penguatan kehumasan harus dilakukan dengan baik, salah satunya untuk pembuatan berita, video dan berita future.

Tenaga Ahli Bawaslu RI Ronald Manoach mengatakan, sebagai lembaga negara Bawaslu yang memiliki website menjadi siaran berjalan yang harus diupdate secara berkala.

"Sebab, konten yang diproduksi oleh Bawaslu ini menjadi referensi bagi para media-media baik di nasional maupun daerah," ujarnya, Sabtu 13 Januari 2024.

Ia menerangkan, jika berdasarkan hasil survei tahun 2022 ternyata situs resmi pemerintah menjadi salah satu indikator kepercayaan publik.

"Karena kepercayaan publik ini menjadi bagian dari signifikasi lembaga negara untuk memberikan informasi kepada masyarakat melalui digitalisasi," imbuhnya.

Ronlad menjelaskan, hasil dari kehumasan Bawaslu berupa berita, foto dan siaran press. Maka dalam membuatnya lembaga negara yang memproduksi produk kehumasan ini tidak boleh berisi opini.

"Maka perlu sekali dalam menyusun perencanaan yang berdasarkan agenda di tahun tersebut," tuturnya.

Bila mengacu pada SK Ketua Bawaslu RI, kegiatan pemberitaan harus dilakukan dengan maksimal yakni melalui peliputan berdasarkan perencanaan.

"Jadi jangan fokus pada ceremonialnya saja, tetapu hal yang fundamental. Sehingga bisa menjadi bahan evaluasi bagi masyarakat," terangnya.

Ronald menerangkan, dalam pembuatan pemberitaan ini harus memiliki angle yang menarik dan menyajikan informasi tentang Bawaslu.

"Jika semakin sempit angle yang diambil maka berita tersebut akan menjadi sangat subtantif. Jadi kerja kehumasan ini tidak ada liburnya, sehingga bisa mengisinya secara tematik seperti penanganan pelanggaran," tegasnya.

Hal yang perlu diperhatikan yakni dengan pembuatan judul yang menarik, kemudian membuat press rilis yang singkat, padat dan jelas.

Ia menambahkan, penyusunan strategi pemberitaan ini harus dilakukan dengan maksimal yakni membuat kalender kegiatan.

"Kemudian kami berharap dengan pembenahan di server ini bisa menjaga lebih baik, agar tidak mudah diretas. Sebab ini menjadi wajah dari Bawaslu," tegasnya.