Lompat ke isi utama

Berita

Rekrutmen Pantarlih Mulai Berjalan, Bawaslu Jember Lakukan Pengawasan Melekat

#ayoawasibersama

Humas Bawaslu Jember- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jember melakukan identifikasi kerawanan, saat perekrutan Pantarlih atau PPDB oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember.

Perekrutan Pantarlih ini menjadi bagian proses yang dilakukan KPU, untuk persiapan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Komisioner Bawaslu Jember Wiwin Riza Kurnia mengatakan, dalam masa perekrutan Pantarlih ini Bawaslu Jember melakukan identifikasi dan melakukan pengawasan melekat.

“Karena untuk meminimalisir terjadinya kerawanan yang terjadi saat proses perekrutan tersebut,” ujarnya.

Ia menerangkan, kerawanan yang mungkin terjadi di antaranya dari melakukan pengawasan terhadap proses pendaftaran hingga proses pelantikannya nanti.

“Jadi kita pastikan kelengkapan administrasinya, apakah ada calon pendaftar ini dari unsur Parpol, tim sukses calon atau tim sukses dalam Pemilu 2024 kemarin,” imbuhnya.

Hal ini harus dipastikan, sebab dalam aturan penyelenggara pemilu harus tidak pernah terlibat politik praktis.

“Maka dari itu kita pastikan semuanya, termasuk prosedur pendaftaran hingga ketepatan waktu pendaftarannya,” tuturnya.

Wiwin menambahkan, pengawasan ini dilakukan secara melekat ke masing-masing kecamatan di Jember sehingga meminimalisir terjadinya kerawanan terjadi.

“Masing-masing PKD turun ke PPS untuk mengawasi proses ini, sehingga kami juga memberikan imbauan kepada KPU Jember agar bisa menjalankan tugas sesuai aturan,” tutupnya.