Lompat ke isi utama

Berita

Semakin Kita Awas Maka Pemilu Akan Semakin Berintegritas

Bawaslu Kabupaten Jember menjadi Pemateri pada acara sosialisasi pemilu tahun 2024 dengan tajuk Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu Serentak Tahun 2024 Sebagai Upaya Mewujudkan Pemilu dan Kehidupan Demokrasi yang Berintegritas, yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Jember di Balai Kecamatan Balung yang diikuti para tokoh masyarakat dari 8 desa di wilayah Kecamatan Balung. Agenda ini merupakan kegiatan sosialisasi Pemilu Kedua oleh Bakesbangpol, Selasa, (16/5/2023). Hadir sebagai Narasumber Anggota KPU Kabupaten Jember Andi Wasis, A.md, Ketua Bawaslu Jember Imam Thobroni Pusaka, S.Sos atau yang akrab dengan panggilan Mas Rony dan Anggota Komisi A DPRD Jember, Alfan Yusfi Habibi dari Fraksi PDI-P.

Di hadapan 8 Kades dan para tokoh masyarakat se Kecamatan Balung, Mas Rony menyampaikan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pemilu nanti, Beliau mengatakan juga, “Dalam hal ini agar masyarakat tahu bahwa mereka juga punya hak dalam mengawal pesta demokrasi.”

Dalam Pekerjaan Pengawasan Bawaslu tentu membutuhkan masyarakat dalam peran aktif menjadi pengawas partisipatif, Masyarakat di tuntut untuk ikut mengawasi "Semakin Kita awas maka pemilu akan semakin berintegritas" imbuhnya.

Mas Rony juga menambahkan bahwa Bawaslu berkewajiban menindaklanjuti temuan atau laporan mereka tentang apapun yang terkait dugaan pelanggaran pelaksanaan pemilu di wilayah tersebut.

Sementara itu Andi Wasis Anggota KPU Kabupaten Jember Divisi SDM Parmas Sosdiklih menyampaikan bahwa tugas mengajak masyarakat untuk memilih bukan hanya tugas KPU tetapi juga tugas dari Pemangku jabatan serta masyarakat itu sendiri.

Tag
PENGAWASAN
PUBLIKASI