Lompat ke isi utama

Berita

PKD MEMASTIKAN PLENO DPSHP TINGKAT DESA DILAKSANAKAN SESUAI ATURAN

#ayoawasibersama

Pada hari kamis, 5 September 2024 seluruh PKD di kecamatan Silo melaporkan kepada komisioner bahwa mereka telah mendapatkan undangan pleno terbuka di masing-masing desa. Selanjutnya pada kamis sore ketua Bawaslu Kecamatan Silo mengumpulkan jajarannya untuk mempersiapkan pengawasan pleno terbuka tingkat desa di kecamatan Silo.

“teman-teman PKD tolong pastikan pelaksanaan pleno DPSHP dilaksanakan sesuai aturan, kami bertiga akan memonitoring di beberapa desa kami harap teman-teman PKD tidak terlambat hadir, jika terlambat atau tidak hadir jangan harap ada perjadin” ujar ketua Bawaslu Kecamatan Silo Djendro Waspodo. Beliau menegaskan pentingnya mengawal tahapan pemutakhiran data karena tahapan ini merupakan ruang awal untuk bisa menyampaikan aspirasi masyarakat dalam pemilu, khususnya Pilkada 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024.

Kordiv HP2H Adi Wijaya mengingatkan selama pengawasan kegiatan Pleno Terbuka DPSHP di masing-masing desa PKD harus menuangkan dalam Form A Pengawasan juga menginput hasil rekapan pada AKP PKD.

Dari hasil pengawasan pleno tingkat desa, rata-rata ada perubahan pada jumlah pemilih baik laki-laki maupun perempuan antara DPS dan DPSHP. Konfirmasi dari PPS di kecamatan Silo hal itu terjadi karena ada beberapa yang di TMS dikarenakan  ganda dan meninggal ada juga yang MS. Hasil rekap dari AKP yang diinput PKD Kecamatan Silo, perubahan antar desa tidak sama ada yang berkurang juga ada yang bertambah seperti desa Sempolan bertambah dari  8.302 pemilih menjadi 8.312 pemilih.