Lompat ke isi utama

Berita

BEGINI PERSIAPAN BAWASLU MENGHADAPI PILKADA SERENTAK 2024

#ayoawasibersama

Indonesia merupakan salah satu negara yang menganut sistem demokrasi di dalamnya, Sejarah demokrasi di Indonesia mengalami dinamika yang cukup kompleks dan menjalani perkembangan yang sangat dinamis, Pada fase pertama Indonesia resmi menjadi negara merdeka dan menganut sistem demokrasi parlementer sistem ini berlangsung dari tahun 1945-1959. 
Fase kedua sistem demokrasi berubah menjadi demokrasi terpimpin pada tahun 1959-1965, selanjutnya sistem demokrasi berubah menjadi sistem demokrasi Pancasila dari tahun 1966-1998. Setelah berakhirnya kepemimpinan Soeharto pada mei 1998 Indonesia mengalami proses reformasi politik yang membuka peluang bagi perkembangan demokrasi, pada Masa ini Indonesia menerapkan sistem demokrasi yang lebih terbuka dan partisipatif hingga saat ini. 
   Pengawasan demokrasi di Indonesia tidak lepas dari sumbangsih Bawaslu, lembaga ini mengalami banyak perkembangan dan kewenangannya, Hingga kini penguatan terhadap lembaga pengawas Pemilu itupun semakin terjadi. 
Dalam Pilkada 2024 Tahun Ini Indonesia akan dihadapkan dengan proses demokrasi Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024 . Salah satu agenda Bawaslu yang dilaksanakan oleh panwaslu tingkat kecamatan untuk menghadapi pilkada serentak yaitu menguatkan dan meningkatkan kapasitas bagi pengawas kelurahan desa di kecamatan Ledokombo.
Panwaslu Kecamatan Ledokombo giat melakukan Rapat Koordinasi guna untuk menguatkan dan meningkatkan kapasitas di lingkup Pengawasan, Oleh karena itu rencananya akan di adakan kegiatan bimtek khusus untuk teman – teman PKD.
Vicho winoto selaku Ketua Panwascam Ledokombo setelah di wawancarai menegaskan agenda diharapkan menjadi tambahan motifasi, tambahan ilmu dan bekal bagi teman- teman Pengawas kelurahan untuk menghadapi pilkada nantinya, dengan hawa dinamis di setiap tahapan demokrasi di Indonesia, Vicho juga berharap pengawas kelurahan tidak hanya menjadi pengawas yang hanya aktif dalam menjalankan tugas pengawasan, namun nantinya juga bisa menetralisir dan menjadi penengah dalam setiap dinamika politik di setiap desa. Panwaslu Kecamatan Ledokombo juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk dapatnya berperan aktif dalam kegiatan Pemilukada tahun ini. 
Rencananya agenda Penguatan dan Peningkatan Kapasitas untuk PKD  akan di ikuti oleh 10 pengawas kelurahan desa yang ada di kecamatan Ledokombo dari tanggal 23-25 Agustus 2024.