Lompat ke isi utama

Berita

BIMTEK PANWASCAM JELBUK “UPAYA DALAM MENINGKATKAN KAPASITAS PENGAWAS KELURAHAN/DESA”

#ayoawasibersama

Jember, (30/7/2024) - Dipenghujung bulan Juli Panwascam Jelbuk mengadakan  kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) sebagai upaya meningkatkan dan menguatkan kapasitas serta kelembagaan Pengawas Kelurahan/Desa se-kecamatan Jelbuk menuju PILKADA Serentak 2024 mendatang, bertempat di Aula Gedung Elok Jelbuk. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota PKD se-Kecamatan Jelbuk dengan menghadirkan 2 anggota PPK sebagai narasumber.
Dalam sambutannya Ketua Panwascam Jelbuk, Nur Hidayat mengungkapkan bahwasanya saat ini tahapan demi tahapan pelaksanaan Pilkada 2024 sudah terlaksana sehingga diharapkan para PKD sudah siap untuk melakukan pencegahan terjadinya pelanggaran pada saat bertugas.
Sementara itu dari anggota Panwascam divisi HP2H, Dinda Kurniawan H.S mengungkapkan bahwasanya PKD harus mengawasi secara maksimal, PKD harus teliti dan cermat dalam mengawasi agar supaya tidak ada warga yang terlewat untuk menggunakan hak pilih mereka. Tidak hanya pada tahapan ini namun juga pada tahapan –tahapan selanjutnya.
Selanjutnya sesi materi yang dismpaikan oleh narsumber Dalam pemaparannya narasumber dari Divisi Data PPK yaitu sudara Santuso Juniour menjelaskan sistematika proses penyususan dimulai DPHP hingga menjadi DPT di  Pemilu 2024. Mulai dari menjelaskan pengertian hingga menjelaskan alur proses terbentuknya DPT. Dari materi yang diberikan diharapkan PKD mengetahui alur yang harus di awasi sebelum terbentuknya DPT.
Narasumber yang kedua yaitu Khoirul Umam Ramadhan dari divisi Parmas di PPK Jelbuk menyapaikan materi tentang bagaimana cara bersosialisasi yang baik dan benar. Disini narasumber memaparkan dengan cara 5W+1H yang mana ini bisa di implementasikan kedalam cara membuat Form A yang baik dan benar sebagai pelaporan PKD.

Selanjutnya Bimtek ini juga menjadi forum untuk bertukar pengalaman antar PKD dalam menangani tantangan yang mungkin timbul selama proses pengawasan. Dari diskusi yang dilakukan diharapkan dapat mempersiapkan mereka menghadapi situasi yang kompleks dengan solusi yang efektif. 
Setelah dilakukannya BIMTEK ini Panwascam Jelbuk berharap PKD dapat melakukan pengawasan  secara efektif dalam tahapan-tahapan menuju Pilkada Serentak 2024 ,sehingga berjalan dengan lancar, adil, dan dapat dipercaya oleh seluruh masyarakat.