Lompat ke isi utama

Berita

Lantik 248 PKD di Jember, Ketua Bawaslu: Tingkatkan Pengawasan Setiap Tahapan

#ayoawasibersama

Jember, 2 Juni 2024

 

HUMAS BAWASLU JEMBER - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jember melantik sebanyak 248 Pengawas Kelurahan/ Desa (PKD), dalam persiapan Pilkada Serentak 2024.

PKD yang dilantik hari ini merupakan hasil dari seleksi yang sudah dilakukan oleh Bawaslu Jember beberapa waktu lalu.

Ketua Bawaslu Jember Sanda Aditya Pradana mengatakan, hari ini baru saja dilantik PKD sebanyak 248 orang yang nantinya membantu kerja-kerja pengawasan.

“Baru saja kita lantik bersama dan mereka diambil sumpahnya, untuk bekerja dengan maksimal dalam proses pengawasan Pilkada 2024,” ujarnya saat dikonfirmasi, Minggu 2 Juni 2024.

Sanda menerangkan, Pilkada 2024 ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya yang mana proses Pilkada saat ini yakni Pemilihan Kepala Daerah dan Pemilihan Gubernur.

“Kalau kemarin sudah ada 18 kabupaten/kota di Jawa Timur sudah melakukannya, tapi di Jember baru pertama kalinya,” imbuhnya.

Tahapan Pilkada serentak 2024 ini menurutnya, akan beririsan dengan tahapan verifikasi perseorangan dan tahapan lainnya.

“Maka ini perlu diperhatikan dan dimaksimalkan, karena pengawas desa ini masing-masing 1 orang saja, dengan ini harus bisa maksimal dalam pengawasannya,” terangnya.

Selanjutnya, Sanda menegaskan untuk bisa mengajak masyarakat untuk ikut melakukan pengawasan partisipatif.

“Mulai dari tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan hingga lembaga lain di masyarakat yang harus digenjarkan,” tegasnya.

Ia menambahkan, salah satu hal yang perlu dilakukan yakni bisa mengantisipasi adanya politik uang dan berita hoax di masyarakat.

Di samping itu, Sanda mengingatkan jika tugas PKD ini sangat berat dengan harus bisa mengawasi setiap kegiatan di wilayah desanya.

“Jadi kami harapkan, semua PKD bisa memaksimalkan pengawasan diberbagai tahapan yang dilaksanakan di wilayahnya,” tutupnya.*