Lompat ke isi utama

Berita

PANWASCAM GUMUKMAS GERAK CEPAT MELAKUKAN PENGAWASAN

#ayoawasibersama

Menjelang pendafataran Calon Kepala Daerah pada Pilkada serentak 2024, banyak diantara bakal calon kepala daerah yang melakukan sosialiasi dalam rangka untuk mengenalkan diri kepada masyarakat dengan sosok figure dan program yang akan dijalankan ketika nanti terpilih. Banyak hal yang dilakukan termasuk salah satunya mengunjungi kegiatan masyarakat yang mengumpulkan banyak massa, salah satu nya adalah kegiatan pengajian umum yang biasa dilaksanakan di kalangan masyarakat desa dalam rangkaian Peringatan Hari Besar Islam.
Seperti halnya yang terjadi pada kegiatan Pengajian Umum dan Sholawat Akbar yang dilaksanakan di Masjid Baitul Akbar yang ada di Desa Menampu, dari beberpa banner dan pamflet yang beredar di media sosial dan juga yang dipasang dipinggir-pinggir jalan raya, bahwasannya kegiatan tersebut akan didatangi oleh salah satu Bakal Calon Bupati Jember yaitu Muhammad Fawaid, S.E, M.Sc atau yang biasa dikenal dengan Gus Fawaid. Apalagi dalam kegiatan tersebut Jamiyah Sholawat yang hadir adalah Ahbabul Mustofa yang memiliki basis jama’ah yang cukup besar khususnya dikabupaten Jember, tentu akan banyak pengunjung yang hadir dalam kegiatan tersebut.
Menanggapi hal tersebut Panwascam Gumukmas gerak cepat dengan mengintruksikan kepada Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) dibeberapa desa yang ada dikecamatan Gumukmas untuk melakukan pengawasan melekat pada acara tersebut, mengingat saat ini belum memasuki tahapan pendafataran calon dan juga belum tahapan kampanye. Tentunya hal ini dilakukan dalam rangka untuk mengantisipasi akan terjadinya pelanggaran pilkada yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 nanti.
Dari hasil kordinasi yang dilaksanakan pada hari Minggu, 28 Juli 2024 Panwascam Gumukmas mengintruksi kepada Pengawas Kelurahan/Desa terdekat untuk ikut melakukan pengawasan dalam kegiatan tersebut. Adapun Pengawas Kelurahan/Desa yang turut serta dalam kegiatan tersebut diantaranya Ichwanul Yudha Irlianto selaku PKD Menampu, Didin Pribadi selaku PKD Gumukmas, Achmad Shohibul Syahfani selaku PKD Karangrejo, Wempi Firmanda Fila selaku PKD Kepanjen dan Mukhlasin selaku PKD Mayangan. Pengawasan dilakukan mulai Pukul 18.00 WIB sampai acara selesai.
Dari hasil pengawasan yang dilakukan oleh kelima PKD tersebut dapat dilaporkan bahwasannya Pengajian dan Sholawat Akbar yang dilaksanakan oleh Takmir Masjid Baitul Akbar pada hari Senin tanggal 29 Juli 2024 dimulai pada pukul 19.00 WIB sampai 23.00 WIB dihadiri kurang lebih 3.000 jama’ah dari berbagai kalangan. Adapun beberapa tokoh penting yang hadir diantaranya KH. Nurus Sholah Pimpinan Majelis Ahbabul Mustofa (Curah Malang), Habib Abdulloh bin Ahmad Al Hamid, Babinsa, Polri Kanit Reskrim (1 personil di pintu masuk Utara selatan lampu merah), Satpol PP (1 personil di pintu masuk Utara selatan lampu merah), Ketua Ta'mir dan segenap ulama' setempat dan Banser (4 personil di pintu masuk Utara selatan lampu merah)
Selama kegiatan berlangsung murni diisi dengan tausiyah dan pembacaan sholawat Nabi yang dipimpin oleh KH. Nurus Sholah dan Habib Abdulloh bin Ahmad Al Hamid, tidak ada Bacalon Bupati/Wakil Bupati/Pimpinan Parpol yang hadir. Adapun terkait dengan pamflet dan banner yang beredar bahwa kegiatan tersebut akan dihadiri oleh Gus Fawaid (Bacalon Bupati Jember) ternyata beliau berhalangan hadir, namun yang bersangkutan tetap menyampaikan sambutannya melalui telfon dimana isi sambutannya permohonan maad karena tidak bisa hadir karena benturan dengan acara lainnya dan ucapan terima kasih atas terselenggarannya kegiatan pengajian dan sholawat nabi tersebut. Dari hasil pengawasan melekat yang dilakukan oleh PKD yang hadir dalam kegiatan tersebut juga tidak ditemukan adanya muatan politik dalam sambutan yang disampaikan oleh Gus Fawaid.
Panwascam Gumukmas pun mengajak kepada segenap element masyarakat untuk ikut mengawasi dan mengawal semua tahapan Pemilihan Kepala Daerah serentak di tahun 2024. Tak lupa Panwascam Gumukmas juga menghimbau bahwa masyarakat tidak perlu ragu dan sungkan untuk melaporkan segala bentuk pelanggaran yang terjadi baik secara langsung dengan datang di Kantor Sekretariat Panwascam Gumukmas maupun melalui telfon dan akun media sosial yang sudah ada. Harapannya Pemilihan Kepala Daerah serentak di tahun 2024 berjalan dengan tertib dan lancar.