Lompat ke isi utama

Berita

Usai Lantik 93 Panwascam di Jember, Bawaslu Lakukan Penguatan Kapasitas

#ayoawasibersama

 

Humas Bawaslu Jember - Pasca pelantikan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Jember, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jember melakukan penguatan kapasitas personel.

Hal ini dilakukan untuk memberikan pemahaman terkait jalannya proses Pilkada 2024 mendatang.

Koordinator Divisi SDMO Yoyok Adi Pranata mengatakan, setelah pelantikan 93 orang Panwascam Bawaslu Jember memberikan bimbingan teknis.

"Ini karena tahapan Pilkada 2024 sudah berjalan dan persiapan juga harus dilakukan segera, termasuk dalam pembentukan PKD," ujarnya saat membuka acara, Sabtu 25 Mei 2024.

Yoyok menerangkan, penguatan kapasitas ini dilakukan agar para Panwascam di Jember yang baru dilantik bisa menyesuaikan dengan tahapan Pilkada dan proses pengawasan selanjutnya.

"Ya kita lakukan koordinasi untuk memberikan pemahaman tentang proses pengawasan, karena ada 53 orang Panwascam baru," terangnya.

Selain itu, menurutnya penguatan kapasitas ini melalui materi dan proses tahapan yang berjalan.

"Jadi ada beberapa aturan yang sedikit berbeda dengan Pemilu 2024, sehingga kita lakukan penguatan kapasitas tersebut," tuturnya.

Ia menambahkan, para Panwascam yang sudah dilantik ini akan ada tahapan yang harus dihadapi di antaranya pemutahiran data pemilih dan tahapan verifikasi faktual calon perseorangan.***